Jumat, 30 Desember 2011

TEKNIK-TEKNIK AKUNTANSI KEUANGAN SEKTOR PUBLIK


v  Teknik akuntansi keuangan yg dpt diadopsi oleh sektor publik:
1
Akuntansi Anggaran
4
Akuntansi Kas
2
Akuntansi Komitmen
5
Akuntansi Akrual
3
Akuntansi Dana



v  Teknik akuntansi tsb tak bersifat mutually, artinya penggunaan satu teknik tak berarti menolak penggunaan teknik lain. 

Akuntansi Anggaran
v  Mrp teknik akuntansi yg menyajikan jml yg dianggarkan dg jml aktual dan dicatat scr berpasangan (double entry). Lebih menekankan pd bentuk dr akun-akun keuangan bukan pd isi akun tsb
v  Dpt membandingkan scr sistematik & kontinyu jml anggaran dg realisasi anggaran, shg dpt dilakukan tindakan koreksi bila tdpt varians. 
v  Tujuan: utk menekankan peran anggaran dlm siklus perencanaan, pengendalian, & akuntabilitas.
v  Kelemahan: teknik ini sangat kompleks. 


Akuntansi Komitmen
Ø  Akuntansi komitmen adl sistem akuntansi yg mengakui transaksi & mencatatnya pd saat order dikeluarkan.
Ø  Tujuan: utk pengendalian anggaran, agar tak over-commit the budget
Ø  Masalah: akun yg dicatat hanya didukung oleh order yg dikeluarkan, tak ada legal-liability utk patuh pd order & order dg mudah dibatalkan. Shg sulit utk mengakui biaya utk periode ybs yg didasarkan pd order yg dikeluarkan

Akuntansi Dana
Ø  Masalah utama org publik adl pencarian sumber & alokasi dana
Ø  Teori akt dana dikembangkan oleh Vatter (1947) untuk tujuan org. bisnis dg melihat bbrp kelemahan perush pribadi dg perush badan, yi
1.     perush perorangan (milik pribadi) kurang menguntungkan drpd perush milik publik/PT
2.     adanya kesalahan dlm memhami makna entitas  
            
Oki, org sbg series of fund shg LK mrp konsolidasi dr LK dana yg mjd bagian organisasi

Pengertian "dana" berdasarkan GASB (1999 par. 208) adl:
"A fiscal and accounting entity with a self-balancing set of accounts recording cash and other financial resources, together with all related liabilities and residual equities or balances, and changes therein, which are segregated for the purpose of carrying on specific activities or attaining certain objectives in accordance with special regulations, restrictions, and limitations"

Perbandingan akuntansi dana pd org bisnis dg sektor publik sbb:
Organisasi Bisnis

Organisasi Sektor Publik

 


Dana 1
Dana 2


A=U+SD
A=U+SD




A=U+KB

Dana 3
Dana n


A=U+SD
A=U+SD






Aktiva Tetap
Utang jk panjang

Ket:
A    = Aktiva         
SD = Saldo Dana      

KB =Kekayaan Bersih
U   = Utang

Ø  Sistem akt pemerintah yg dilakukan dg konsep dana, memperlakukan unit kerja sbg accounting entity & budget entity yg berdiri sendiri. 

Ø  Sistem ini dibuat utk memastikan bahwa uang publik dibelanjakan utk tujuan yg telah ditetapkan.  Dana dapat dikeluarkan bila tdpt otorisasi dr dewan legislatif, pihak eksekutif, atau krn tuntutan peraturan perundangan.
Ø  Sistem akuntansi dana adalah metoda akuntansi yang menekankan pada pelaporan pemanfaatan dana, bukan pelaporan organisasi itu sendiri.
Ø  Dua jenis dana pd organisasi sektor publik, yaitu:
1.    expendable fund: digunakan utk menctt nilai aktiva, utang, perubahan aktiva bersih & saldo dana yg dpt dibelanjakan utk kegiatan yg tak bertujuan mencari laba. Digunakan pd governmental funds 
2.    Nonexpendable fund: utk menctt pendapatan, biaya, aktiva, utang, & modal utk kegiatan yg sifatnya mencari laba. Digunakan pd organisasi bisnis (proprietary funds).

Akuntansi Kas
Ø  Penerapan akuntansi kas: pendapatan dictt pd saat kas diterima & pengeluaran dictt ketika kas dikeluarkan. 
Ø  Kelebihan: menceriminkan pengeluaran yg aktual, riil dan obyektif. 
Ø  Namun GAAP tak menganjurkan pencttn dg dasar kas krn tak dpt mencerminkan kinerja sesungguhnya. 

Akuntansi Akrual
ü  Akuntansi akrual dianggap lebih baik drpd akuntansi kas.  Akuntansi akrual diyakini dpt menghasilkan LK yg lebih dpt dipercaya, akurat, komprehensif, & relevan utk pengambilan keputusan ekonomi, sosial, & politik. 

ü  Pengaplikasian accrual basis dlm ASP adl utk menentukan cost ofservices & chargingfor services, yaitu utk mengetahui besarnya biaya yg dibutuhkan utk menghasilkan pelayanan publik serta penentuan harga pelayanan yg dibebankan kpd publik. 
ü  Aplikasi accrual basis sektor swasta digunakan utk proper matching cost againts revenuePerbedaan ini disbbkan krn pd sektor swasta lebih profit oriented, sedangkan sektor publik pd public service oriented.
ü  Perbedaan antara akuntansi berbasis kas dg berbasis akrual:
1
Basis Kas
Penerimaan kas - Pengeluaran kas = Perubahan kas.
2
Basis Akrual
Pendapatan/income - Biaya-biaya = Rugi/laba (surplus/defisit)
3
Pendapatan/income
Penerimaan kas selama satu periode akuntansi - saido awal piutang + saido akhir piutang.
4
Biaya
Kas yang dibayarkan selama satu periode akuntansi - saldo awal utang + saldo akhir utang.

Single Entry dan Double Entry
·         Single entry digunakan sebagai dasar pembukuan dg alasan kemudahan & kepraktisan.  Namun tak dpt memberikan informasi yg komprehensif & mencerminkan kinerja sesungguhnya.
·         Tuntutan good governance (transparaiisi & akuntabilitas pengelolaan keuangan organisasi sektor publik) mjdkan perubahan dr sistem single entry mjd double entry sbg solusi mendesak diterapkan. 

·         Aplikasi pencatatan transaksi dg sistem double entry ditujukan untuk :
1.    menghasilkan LK yg auditable & traceable yg mrp faktor utama menghasilkan informasi keu yg dpt dipertanggungjawabkan kpd publik. 
2.    Dpt dilakukan pengukuran kinerja scr lebih tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar